You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Digelar di Gedung Mitra Praja Sunter
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Digelar di Gedung Mitra Praja Sunter

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengadakan edukasi dan simulasi penanggulangan kebakaran di Kantor Penghubung Kabupaten Kepulauan Seribu, Gedung Mitra Praja, Jalan Sunter Permai raya, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok.

G ercep saat terjadi kebakaran dan tidak takut 

Perwira Piket Sektor 8 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Dede Budi mengatakan, kegiatan sosialiasi ini diikuti 50 orang Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang bertugas di Gedung Mitra Praja seperti tenaga pengamanan, cleaning service, anak buah kapal, serta karyawan KPU dan Bawaslu setempat.

"Kita berikan materi teori dahulu kepada para peserta agar memahami ketentuan yang ada. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan praktik, peserta diajak melihat secara langsung cara memadamkan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan atau APAR," ujarnya, Rabu (7/2).

Sudin Gulkarmat Jakpus Adakan Simulasi Kebakaran di Pusat Perbelanjaan

Dede menjelaskan, penyampaian materi kali ini melibatkan satuan petugas (Satgas) Gulkarmat Kepulauan Seribu Selatan dan Jakarta Utara sebanyak 12 personel.

"Mudah-mudahan dengan simulasi ini mereka dapat gerak cepat atau gercep saat terjadi kebakaran dan tidak takut untuk melakukan penanganan. Kami juga ingatkan kepada petugas KPU untuk waspada dalam pengamanan surat suara,"  terangnya.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Seribu, Iwan Samosir menuturkan,  kegiatan ini sangat penting untuk semua yang bekerja di Gedung Mitra Praja

"Gedung yang menjadi Kantor Penghubung Kabupaten Kepulauan Seribu

ini perlu dijaga dan dicegah dari kebakaran," bebernya

Ia menilai, kebakaran bisa terjadi karena kelalaian yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang pencegahan. Setelah mendapatkan pelatihan ini, peserta diharapkan dapat lebih waspada dan tanggap.

"Sangat penting memahami cara memadamkan api sejak dini dan deteksi potensi kebakaran. Tentunya sosialisasi ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan mereka," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) Gedung Mitra Praja, Aries (46) mengaku senang dapat mengikuti dan mencoba langsung cara memadamkan api menggunakan APAR.

"Pelatihan ini penting apabila dibutuhkan sewaktu-waktu terjadi bencana. Sangat bagus, tidak hanya teori tapi kami langsung mempraktikkan, walaupun sempat sedikit ada ketakutan tapi petugas damkar ikut membantu dan mengawasi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye819 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati